Yayasan Nusantara Sejati

Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance) harus dipahami sebagai suatu mekanisme pengelolaan sumberdaya ekonomi dan sosial yang melibatkan pemerintah (negara) dan pihak non pemerintah dalam suatu kerja keras bersama tanpa ada satu pihak yang mendominasi pihak lain. Good Governance merupakan syarat utama dalam upaya membangun sistem demokrasi yang sesungguhnya. Implementasi dan pengembangan Good Governance di Indonesia tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata komitmen semua pihak untuk  membangun Good Governance di semua tingkatan sangatlah dibutuhkan

Proses membangun Good Governance, terutama dalam aspek pelayanan publik, tidak mungkin dapat dilaksanakan dengan baik tanpa memperkuat kapasitas lembaga dan sumber daya manusia. Sebagai ujung tombak dari pelayanan publik, maka penerapan Good Governance di level pemerintah daerah menjadi sangat penting. Oleh karena itu kesadaran dan pemahaman Pemerintah Daerah tentang  aspek-aspek yang berkaitan dengan Good Governance merupakan hal yang mendasar terutama dalam rangka mengidentifikasi kebutuhan daerah saat ini dan masa depan. Singkatnya, Yayasan Nusantara Sejati (YNS) atau yang dikenal juga sebagai Institute for Good Governance and Regional Development (IGGRD) didirikan untuk berperan sebagai katalis dalam menciptakan Good Governance di Indonesia yang dikaitkan dengan pembangunan daerah.

YNS adalah institusi yang mengkhususkan diri dalam merancang dan mengimplementasikan program-program pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan kegiatan penelitian terkait isu pendidikan dan tata kelola pemerintahan daerah di Indonesia.  Sejak didirikan  pada tahun 1999, YNS secara aktif melakukan studi kebijakan strategis serta proyek pembangunan yang inovatif.

YNS memiliki sejarah panjang dalam bekerja dengan badan-badan lokal dan internasional termasuk pemerintah daerah untuk menerapkan program tata pemerintahan yang baik berdasarkan pendekatan dari bawah ke atas daripada pendekatan yang terpusat dan umum. Sebagai organisasi independen, YNS mampu secara langsung memberikan pendekatan berbasis pengetahuan terhadap pembangunan daerah,  memastikan  basis  pengembangan  yang  lebih  kuat dan konsisten untuk pembangunan di tingkat daerah.

Pun pendidikan memiliki hubungan yang sangat erat dengan Good Governance. Pendidikan yang baik akan mendorong dan meningkatkan Good Governance. Demikian sebaliknya, pendidikan yang baik akan lahir dari Good Governance. Program-program pendidikan yang baik tidak akan berjalan efektif dan massif tanpa adanya Good Governance. Oleh karena itu, dalam 5 tahun terakhir YNS mulai fokus pada sektor pendidikan. Yang terbaru, tahun 2016 YNS terlibat dalam beberapa program terkait pendidikan. YNS ditunjuk oleh UNICEF sebagai Implementation Partner dalam program “Education for Early Childhood and Adolescent Development” yang tujuannya meningkatkan  tingkat literasi kelas awal sekolah dasar di Papua. YNS juga diminta oleh UNICEF menjadi Implementation  Partner dalam penerapan disiplin positif di Kabupaten  Jayapura dan Kabupaten Sorong yang rencananya  akan di replikasi  di empat kabupaten  lain di Provinsi  Papua dan Papua Barat.

Dalam   hal   mendorong   Good   Govenance,   khususnya   yang   berhubungan   langsung   dengan pendidikan,    YNS   sejak   tahun 2015   menjadi   bagian   dari   Koalisi   Masyarakat    Sipil   untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP). Dan sejak saat itu, YNS terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang  terkait  dengan  Good  Governance  di  bidang  pendidikan.  Bahkan  saat  ini,  YNS  merupakan salah satu anggota Kelompok Kerja revitalisasi pendidikan yang dikoordinir oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP). YNS akan terus terlibat dalam kegiatan yang terkait dengan penerapan good governance  di  bindang  pendidikan  maupun  mendorong  peranan  pendidikan dalam  perwujudan Good Governance.