SELAMAT DATANG
Yayasan Nusantara Sejati (YNS) adalah institusi yang mengkhususkan diri dalam merancang dan mengimplementasikan program-program pengembangan kapasitas sumberdaya manusia dan lembaga dalam konteks pengembangan daerah. Semangatnya adalah agar stakeholder daerah mampu menerapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance), terutama sejak sistem pemerintahan telah mengalami transformasi dari sistem sentralistik menjadi desentralistik, dimana sebahagian besar wewenang Pemerintah pusat, didelegasikan kepada Pemerintah Daerah.

Agar upaya perwujudan demokrasi melalui desentralisasi dapat tercapai, maka peningkatan kapasitas para stakeholder di daerah menjadi sangat penting. Hal inilah yang menjadi alasan didirikannya Yayasan Nusantara Sejati (YNS).

Hingga saat ini program YNS telah memiliki banyak pengalaman dalam melaksanakan program-program peningkatan kapasitas sumberdaya manusia yang didanai oleh berbagai Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, lembaga donor Internasional, kedepan YNS juga akan memanfaatkan dana-dana pihak swasta yang berupa dana Corporate Social Responsibility (CSR).
MISI DAN TUJUAN

Secara nasional dan internasional dikenal sebagai lembaga yang secara aktif terlibat dalam upaya-upaya peningkatan kualitas dan kapasitas sumberdaya manusia, pengembangan Good Governance dan pembangunan daerah dalam rangka mendukung otonomi daerah.

Dalam rangka mencapai misi ini, tujuan Yayasan Nusantara Sejati ini difokuskan pada hal-hal berikut:

Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumberdaya manusia daerah agar memahami dan mampu melaksanakan Good Governance.

Meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia agar mampu mengoptimalkan kapasitasnya dalam rangka mengimplementasikan pemberdayaan ekonomi berbasis masyarakat.

Bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendesain, memformulasikan dan menerjemahkan strategi dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia di daerah.

Menyediakan dokumen-dokumen hasil studi ilmiah dan penelitian tentang penerapan Good Governance serta perencanaan dan pembangunan daerah.

Melakukan studi-studi kebijakan yang mencakup aspek teori dan penerapan Good Governance dari berbagai disiplin ilmu.

Melakukan studi dalam bidang-bidang yang relevan dan dibutuhkan daerah dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, kebudayaan dan pembangunan ekonomi.

Melaksanakan pelatihan dan lokakarya tentang pengembangan sumberdaya manusia, konsep dan penerapan Good Governance.

Melakukan pelatihan bagi fasilitator dengan peningkatan kemampuan untuk memfasilitasi masyarakat di bidang tata kelola yang baik, pembentukan visi, dan demokratisasi