Program Pengembangan Fasilitator Komunitas (CFDP) Tahap III 2012/2013

    No Where   |        30 January 2019

Program Pengembangan Fasilitator Masyarakat (CFDP) Fase III secara resmi dimulai pada Juli 2012. Setidaknya, ada 3 kelompok utama kegiatan yang dilakukan pada fase ketiga ini. Seperti:

  1. Mendukung keberlanjutan dan pengembangan Lembaga Sertifikasi Fasilitator Komunitas (LSP FPM). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan PFPM II, dan tujuannya adalah untuk membakukan kompetensi fasilitator Pemberdayaan Masyarakat.
  2. Merancang dan mengembangkan Training of Training Designer (TOTD) dan mengembangkan sistem Refresher Training. Melalui TOTD diharapkan ada sejumlah orang di tingkat lokal yang mampu merancang pelatihan sesuai kebutuhan, tanpa menunggu dari pusat. Pengembangan sistem Pelatihan Penyegaran dikembangkan dengan tujuan untuk membuat proses lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan tanpa mengurangi kualitas. Sistem ini dirancang dan dikembangkan menggunakan teknologi informasi.
  3. Akreditasi lembaga pelatihan bertujuan untuk mengembangkan dokumen draft akademis tentang lembaga pelatihan secara ideal, serta kemungkinan untuk mengembangkan lembaga yang kompeten dalam melakukan akreditasi lembaga pelatihan.

Pelaksanaan waktu (durasi) proyek ini adalah 15 bulan, mulai dari Juli 2012 hingga Oktober 2013. Nilai Kontrak: 1.193.000 USD (A juta dan seratus sembilan puluh tiga ribu USD). Didanai oleh Fasilitas Dukungan PNPM - Bank Dunia